UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Rabu, 03 Agustus 2016

Gejala & Penyebab Kanker Lidah


Kanker Lidah adalah tumor ganas yang terjadi pada lidah ketika pertumbuhan sel-sel lidah menjadi tak terkendali. Kanker lidah berkembang dari sel-sel skuamosa. Sel-sel lidah normal yang tadinya tumbuh dan membelah secara teratur dan terkontrol menjadi tidak terkendali sehingga akan terus tumbuh dan membelah, maka terbentuklah massa jaringan yang abnormal, disebut tumor lidah. Tumor lidah ini bersifat lokal dan tidak menyebar. Sedangkan istilah “Kanker Lidah” berarti tumor lidah yang menjadi ganas, yang dapat menyerang jaringan sekitar dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya meskipun jauh yang dikenal dengan istilah metastase. Kanker lidah merupakah salah satu tipe kanker mulut (oral cancer) seperti kanker pada bibir, langit-langit keras, lapisan pipi bagian dalam, mulut bawah depan lidah, dan gusi. Oral cancer merupakan subkelompok dari kanker kepala dan leher. 

Gejala Kanker Lidah 

Gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala kanker mulut lainnya. Gejala yang paling sering muncul yaitu adanya ulkus atau luka pada lidah seperti sariawan, namun tak sembuh sembuh walaupun sudah diobati. 

Gejala kanker lidah lainnya, antara lain: 
  • Lidah terasa nyeri berkepanjangan yang biasanya sampai terasa pada rahang 
  • Adanya benjolan atau penebalan di lidah dan dalam rongga mulut lainnya 
  • Lidah mudah berdarah 
  • Adanya bercak (patch) berwarna putih atau merah pada lidah, gusi, tonsil, atau lapisan mulut lainnya. 
  • Sakit tenggorokan atau perasaan bahwa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan yang tidak hilang atau menetap. 
  • Lidah mati rasa dan sulit digerakkan 
  • Kesulitan menelan atau mengunyah 
  • Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah. 

CATATAN : Gejala kanker lidah diatas dapat disebabkan oleh beberapa kondisi selain kanker. Oleh karena itu, jika anda mengalami gejala tersebut, maka penting sekali untuk berkonsultasi dengan profesional (dokter) untuk diagnosis yang akurat. 

Penyebab Kanker Lidah 

Secara pasti belum diketahui penyebab kanker lidah. Namun, faktor gaya hidup berikut ini mungkin terkait: 
  • Merokok 
  • Nginang = mengunyah tembakau 
  • Konsumsi alkohol berat 
Seperti telah kita ketahui, rokok atau produk tembakau lainnya mengandung nikotin yang bersifat karsinogenik (zat penyebab kanker), sedangkan alkohol tidak mengandung karsinogenik tapi mengandung etanol yang dapat mempermudah penyerapan zat karsinogenik sehingga kedua zat ini sangat berpotensi menjadi penyebab kanker lidah. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa virus HPV atau Human Papilloma Virus yang biasanya terkenal sebagai penyebab kanker serviks, ternyata juga berpotensi sebagai penyebab kanker lidah. 

Faktor Risiko Kanker Lidah 

Berbeda dengan penyebab kanker lidah, faktor-faktor risiko berikut dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terkena kanker lidah, meliputi: 
Jenis kelamin laki-laki 
Kebersihan mulut dan gigi yang buruk 
Umur 40 tahun dan lebih 
Iritasi pada membran mukosa mulut yang berulang akibat merokok dan minuman keras Riwayat sariawan yang sering 
Riwayat keluarga ada yang mengalami kanker lidah 
Daya tahan tubuh yang lemah seperti pada pasien HIV 

Diagnosis Kanker Lidah 

Kanker lidah dapat dideteksi oleh dokter gigi ketika pemeriksaan rutin ( 6 bulan sekali), atau dokter umum ketika medical check up rutin. Jika dicurigai kanker lidah, untuk mengkonfirmasi diagnosis, dokter akan bertanya tentang gejala dan riwayat medis. Pemeriksaan fisik juga akan dilakukan, termasuk pemeriksaan lidah terhadap benjolan atau massa atau sariawan (ulkus). Jika diperlukan, jaringan lidah Anda mungkin perlu diuji. Hal ini dapat dilakukan dengan biopsi, yakni dengan mengambil sedikit jaringan lidah yang bermasalah kemudian diperiksa di bawah mikroskop.

Semoga bermanfaat :) 

Atasi keluhan Anda dengan Firmax3
Konsultasi & Informasi Pemesanan 

Pin : 5F5B0CB2 
SMS/WA : 088216771320 


Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3