UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Minggu, 30 Oktober 2016

Penyebab Jerawat Pasir & Pencegahannya



Pernahkah kamu mempunyai bintik-bintik kecil di wajah? Bintik-bintik kecil ini sekilas seperti komedo dengan ujung atau puncak berwarna putih, dan tumbuh menumpuk-numpuk pada wajah terutama di bagian pipi. Nah, jika kamu pernah mempunyai masalah wajah seperti itu, maka itu dinamakan jerawat pasir. Jerawat pasir disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjebak bersama kotran dan bakteri di dalam pori-pori.

Dibandingkan jerawat biasa yang lebih besar, sekilas mungkin hal ini dianggap remeh karena ukurannya yang kecil. Namun jika dibiarkan jerawat pasir ini akan menimbulkan flek-flek hitam, bercak merah sampai rasa gatal dan perih. Hal ini tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan bukan? Sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya jerawat pasir di wajah kita?


Penyebab jerawat pasir
Pada dasarnya penyebab utama dari jerawat pasir adalah penumpukan minyak dan lemak pada pori-pori. Kenapa terjadi penumpukan di pori-pori? Sebab pori-pori tersumbat sehingga menyebabkan bakteri, kotoran dan minyak tidak bisa keluar.

Selain itu, ada juga faktor-faktor terntentu yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat pasir pada wajah, diantara faktor tersebut adalah :


Adanya Sel kulit mati
Sinar matahari yang kuat, beks jerawat, bekas luka, seringkali menyebabkan munculnya kulit mati pada wajah. Nah sel kulit mati ini akan membuat pori-pori wajah tertutup sehingga minyak dan kotoran yang terdapat di dalam pori-pori tersebut menjadi terperangkap dan berkembang menjadi jerawat.

Terlalu sering mencuci muka
Kamu pernah dengar untuk menjaga agar wajah kita tetap segar dan bersih harus mencuci muka sesering mungkin? Itu salah! Mencuci muka terlalu sering apalagi menggunakan sabun pencuci wajah bisa menyebabkan wajah menjadi kehilangan kelembaban alaminya.
Akhirnya kulit menjadi kering, tipis dan mudah teriritasi. Bekas kulit yang teriritasi ini nanti akan menyebabkan terhambatnya pori-pori tempat bersarangnya lemak dan kotoran. Alhasil minyak yang terperangkap tersebut akan menjelma menjadi jerawat pasir.

Kebiasaan memencet komedo
Ketika ada komedo ataupun jerawat di wajah, biasanya kita suka gemes dan ingin jerawat tersebut cepat pecah dan hilang. Apa yang kita lakukan? Memencet-mencet komedo tersebut? kamu pernah? Padahal bukannya hilang, memencet komedo atau jerawat malah akan memperparah komedo atau jerawat itu sendiri. Termasuk memicu munculnya jerawat pasir karena bakteri yang tersebar ketika kamu memecahkan komedo. Jadi hindari kebiasaan memencet komedo ya.

Produk kosmetik mengandung minyak
Hati-hatilah dalam menggunakan produk-produk kosmetik. Alih-alih ingin tampak lebih cantik, kosmetik yang tidak sesuai malah bisa membuat kecantikan alami kita menjadi rusak.
Bagi yang mempunyai jenis kulit kering mungkin cocok-cocok saja menggunakan kosmetik tersebut. Tapi bagi yang kulitnya sudah berminyak, memakai produk mengandung minyak bisa menyebabkan munculnya jerawat, terutama jerawat pasir.


Cara Mencegah jerawat Pasir
Nah, itulah penyebab-penyebab tumbuhnya jerawat pasir. Lantas, bagaimana cara mencegah agar jerawat pasir tidak tumbuh di wajah?

Berdasarkan penyebab-penyebab tumbuhnya jerawat pasir yang telah kita jelaskan diatas, maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mencegah jerawat pasir adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan wajah untuk mencegah bakteri hinggap dan menetap di wajah. Caranya adalah dengan membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari.
  2. Menjaga kebersihan bantal karena bantal yang kita pakai untuk tidur merupakan benda yang mempunyai kontak paling banyak dengan wajah kita, jadi untuk menjaga wajah kita tetap bersih ganti sarung bantal seridaknya 1 kali seminggu untuk mencegah bakteri tumbuh disana dan pindah ke wajah
  3. Melakukan perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menutup pori-pori
  4. Hindari mencuci muka terlalu sering menggunakan sabun pembersih muka. Jika kulit mulai berminyak dan terasa kotor, cukup cuci dengan air putih saja. Pembersihan dengan sabun pencuci wajah cukup dilakukan 2 kali sehari.
  5. Hindari kebiasaan memencet komedo dan jerawat
  6. Hindari memakai kosmetik yang mengandung minyak

Nah, itulah penyebab dan cara-cara mencegah munculnya jerawat pasir yang bisa merusak penampilan kamu. Mencegah lebih baik lho daripada mengobati. Jadi yuk cegah munculnya jerawat pasir dengan tindakan-tindakan pencegahan diatas.


Atasi keluhan Anda dengan Firmax3
Konsultasi & Informasi Pemesanan 

SMS/WA : 0878 3876 1604

Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3