UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Minggu, 05 November 2017

Penyakit Radang Telinga



Kondisi radang telinga ini juga dikenal dengan sebutan otitis media di mana ini merupakan sebuah infeksi yang menyerang bagian telinga. Tepat bagian tengah dari telingalah yang terkena infeksi di mana di sana ada sebuah ruang terletak di belakang gendang telinga. Ada 3 tulang kecil yang tugasnya adalah menangkap getaran, kemudian melanjutkannya sampai ke telinga yang ada di bagian dalam.

Radang telinga memang dapat menjangkiti semua orang, namun yang lebih mudah terserang rata-rata adalah anak-anak yang umurnya pun belum ada 10 tahun. Atau banyak juga bayi-bayi usia 6-15 bulan yang mengalami hal ini. Bahkan telah diperkirakan bahwa ada sekitar 25 persen anak yang sudah pernah menderita radang telinga sebelum mereka genap berusia 10 tahun.

Penyebab Radang Telinga

Radang telinga dibagi menjadi dua kondisi, yakni radang telinga akut dan kronis. Pada umumnya penyebab utama dari radang telinga adalah serangan bakteri dan juga virus, dan pneumokokus adalah salah satu contoh bakteri yang memberikan serangan pada bagian telinga. Tak hanya itu, jenis virus Haemophillus influenza serta Moraxella juga dapat menyerang.

Pada umumnya, kasus-kasus dari radang telinga timbul karena adanya infeksi bakteri dan virus dan kemudian menjadikan mukosa menimbun di bagian tengah. Alasan mengapa anak-anaklah yang lebih rentan terkena penyakit ini adalah karena saluran eustachius pada anak biasanya ukurannya lebih kecil ketimbang yang dimiliki para orang dewasa.

Radang Telinga Akut

Radang telinga pada tahap akut biasanya memang cukup cepat dialami oleh sebagian orang dan masa kondisi ini tidaklah bertahan lama karena bukan jangka panjang. Pada kasus tahap akut, radang telinga ini ada kaitannya dengan terjadinya penumpukan cairan di bagian tengah telinga. Akhirnya ada gejala-gejala infeksi telinga yang mengikutinya.

Serangan bakteri maupun virus adalah yang paling utama di sini dalam memicu penyakit radang telinga akut dan semua orang dapat berpotensi mengidapnya. Hanya saja, anak-anak dengan usia antara 3 bulan sampai 3 tahunlah yang terbukti paling mudah terserang. Sudah diketahui juga bila penyakit radang telinga merupakan kondisi komplikasi dari infeksi saluran pernapasan bagian atas atau yang dinamakan juga dengan common cold.

Virus atau bakteri yang tadinya ada di bagian tenggorokan kemudian dapat menembus area telinga bagian tengah. Tuba eustakius adalah daerah yang dilewati virus maupun bakteri tadi dan bahkan terkadang aliran darah pun menjadi jalur jalan mereka. Setelah mengetahui penyebabnya, kita juga perlu mengerti juga apa saja 3 kategori radang tenggorokan, yaitu radang telinga akut rekuren, radang telinga akut nonsupuratif, serta radang telinga akut supuratif di mana peradangan bagian tengah telinga dikarenakan oleh organisme piogenik.

Radang Telinga Kronis

Kondisi radang telinga pada tahap kronis adalah yang sudah dialami oleh penderita pada waktu yang sangat lama. Biasanya radang telinga telah masuk ke tahap kronis bila sudah terjadi selama menahun. Penyebabnya rata-rata dikarenakan sudah berulang kali terkena infeksi. Tapi tak menutup kemungkinan juga bahwa radang kronis ini terjadi setelah dulunya kita sempat mengidap radang telinga akut. Pengobatan yang tidak sempurna dapat menyebabkan radang telinga berlanjut hingga tahap kronis ini.


Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊


Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan
SMS/WA 0878-3876-1604
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3