UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Sabtu, 24 Februari 2018

9 Ciri-ciri Jantung Sehat dan Baik



Organ jantung merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh karena jantunglah yang merupakan organ yang mengindikasikan tanda-tanda kesehatan tubuh secara menyeluruh. Fisik dan mental yang baik ditentukan oleh jantung yang berkondisi sehat dan memang tugas dari organ jantung sendiri adalah sebagai penjamin dari pikiran dan tubuh yang sehat.

Jenis-jenis penyakit jantung cukup banyak dan semuanya itu sangatlah berisiko mengancam jiwa. Jantung memainkan peranan penting bagi setiap kita manusia, maka dari itu Anda perlu mengenali ciri-ciri jantung yang sehat untuk mengecek apakah jantung Anda dalam kondisi yang baik. Ada sejumlah ciri-ciri jantung sehat seperti di bawah ini untuk Anda intip.

1. Protein C-reactive Normal

Kadar protein c-reactive atau biasa disingkat dan disebut CRP perlu diperhatikan karena memang pada dasarnya kadar yang normal menandakan kondisi jantung yang sehat. Ingat bahwa CRP pada kadar yang tinggi kerap kali menjadi tanda umum terjadinya penyakit serangan jantung. Ini karena CRP tinggi biasanya memicu peradangan, khususnya di dinding arteri.

Bisa dikatakan juga bahwa kadar CRP yang tinggi diartikan sebagai kadar kolesterol yang tinggi sehingga otomatis pembuluh darah pun terancam mengalami penyumbatan. Untuk mengetahui kadar CRP Anda, maka caranya adalah dengan mengambil darah yang berasal dari belakang telapak tangan maupun siku.  Dikatakan tinggi apabila kadarnya berada di atas 1 mg/liter di mana juga meningkatkan risiko kanker prostat.

2. Kadar Gula Darah Rendah

Penyakit jantung juga bisa ditandai dengan kadar gula darah yang tidak pada normalnya, alias terlalu tinggi. Memang benar bahwa kadar gula darah tinggi menandakan bahwa seseorang menderita penyakit gula atau biasa disebut diabetes atau kencing manis.

Namun jangan salah, tingginya kadar gula darah juga bisa menjadi pemicu dari serangan jantung, setelah orang tersebut mengidap diabetes. Supaya kadar gula bisa rendah atau pada kadar yang normal, Anda bisa mencoba dengan mengikuti tips diet sehat. Ini karena rata-rata orang yang bergula darah tinggi memiliki masalah obesitas.

Jadi, melakukan puasa sangatlah disarankan supaya mampu membuat berat badan yang berlebih turun secara baik dan sehat. Bahkan Anda juga bisa melakukan hal lain seperti membuat sensitivitas insulin yang ada di dalam tubuh lebih tinggi. Untuk menghindari gula darah terlalu tinggi, rajin-rajinlah mengecek kadarnya dengan pergi ke dokter.

3. Tekanan Darah Normal

Tekanan darah tak perlu terlalu rendah untuk menghindari penyakit jantung. Ciri jantung yang sehat adalah tekanan darah yang berada pada kadar yang normal di mana tidaklah lebih dari 120/80 mmHg. Itulah kadar yang dianggap tidak tinggi alias normal sehingga tak berbahaya atau meningkatkan risiko kerusakan arteri.

Saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi, aliran darah yang menuju organ vital lain otomatis bakal tersumbat di mana sebagai akibatnya bakal menebal dan akhirnya menjadi kaku. Menurut hasil survei oleh ahli, tekanan darah yang tinggi bisa diturunkan dengan bantuan aspirin yang dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat serta menghindari stres merupakan cara lainnya.

4. Kadar Kolesterol Normal

HDL rendah adalah pertanda yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh Anda karena kolesterol baik ini perlu dalam kondisi dan kadar yang normal untuk supaya jantung berada dalam kondisi sehat. Risiko serangan jantung maupun stroke akan meningkat ketika terjadi lonjakan kolesterol jahat yang kita sebut dengan LDL.

Saat kadar HDL tinggi atau setidaknya pada kondisi normal, itu artinya jantung berada dalam kondisi yang sehat. Demi menjaga kondisi jantung tetap oke, melakukan olahraga rutin, menjaga asupan makan dan mengecek secara rutin kadar kolesterol dalam darah adalah sangat penting. Semuanya itu adalah mampu membantu supaya risiko penyakit jantung menurun.

HDL dan LDL perlu berjalan seimbang dan supaya lebih aman, tentunya kolesterol HDL perlu lebih tinggi. Potensi ateroklerosis pun menjadi lebih rendah juga karena hal tersebut. Dengan olahraga rutin, asupan serat tinggi, serta berat badan ideal adalah cara-cara untuk menaikkan HDL. Perlu diketahui pula bahwa kadar HDL sebaiknya 170 mg/dL di mana juga lebih tinggi 40 mg/dL dibandingkan kadar LDL.

5. Detak Jantung Normal

Pada tubuh manusia, detak jantung yang dianggap normal adalah 65 detak per menitnya. Apabila lebih dari itu, risiko serangan jantung lebih tinggi terjadi pada seseorang. Tak sulit untuk mengetahui apakah jantung Anda dalam keadaan sehat atau tidak melalui jumlah detaknya.

Cara yang paling mudah adalah dengan menghitungnya langsung per menit, cobalah hitung berapa detaknya. Detak jantung yang di atas dari normalnya maka sangatlah disarankan untuk kemudian melakukan olahraga selama setengah jam lamanya. Ini perlu dilakukan supaya detak jantung bisa turun per menitnya.

6. Tidak Mendengkur saat Tidur

Cari tahu apakah selama ini Anda tidur mendengkur yang tentunya bisa diketahui dari orang-orang terdekat Anda di rumah. Karena Anda sendiri pasti tidaklah menyadari, menanyakan kepada kerabat tentu adalah solusi sebab mendengkur tidaknya adalah hal yang juga menentukan kesehatan jantung Anda.

Apabila Anda termasuk seseorang yang suka mendengkur, ini bisa menjadi indikasi akan adanya jantung yang sedang tidak sehat. Mendengkur sendiri sebenarnya adalah kebiasaan yang cukup buruk. Maka dari itu, perhatikan apa saja bahaya mendengkur saat tidur dan untuk mengatasinya Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter supaya cepat dalam memperoleh solusi.

7. Gusi Sehat

Anda bisa mengecek kondisi gusi Anda apakah sehat atau terjadi pembengkakan di sana. Meski memang gusi berdarah atau bengkak itu biasanya akibat kekurangan vitamin C, namun hal ini juga bisa terjadi disebabkan oleh adanya masalah di bagian jantung. Ketika jantung tak dalam keadaan sehat, ada kalanya ini berimbas juga pada kesehatan gusi.

Perlu diketahui pula bahwa vitamin C sendiri merupakan nutrisi yang ada di dalam tubuh di mana kemudian jantung kirimkan ke seluruh tubuh. Anda perlu mengecek kesehatan Anda apabila gusi membengkak, terasa begitu sakit dan juga mengeluarkan darah. Gusi yang sehat menjadi salah satu tanda bahwa jantung Anda dalam kondisi baik.

8. Kesehatan Reproduksi Normal

Untuk para pria, mengalami yang namanya disfungsi ereksi rupanya cukup mengancam bagi kesehatan jantung. Jika Anda tak mengalami masalah apapun pada kesehatan reproduksi dan berada dalam keadaan normal-normal saja, itu adalah kabar baik. Saat disfungsi ereksi terjadi, ini dianggap sebagai indikator dari kinerja jantung yang kurang baik.

Saat kinerja jantung tidaklah maksimal dan tak berada dalam kondisi yang baik, tandanya jantung sedang tak sehat dan terganggu. Supaya tak berlanjut lebih serius, Anda perlu memeriksakan kondisi tubuh Anda segera ke dokter dan memperoleh pengobatan yang tepat. Carilah cara untuk menjaga dan merawat kesehatan reproduksi karena ini juga berpengaruh terhadap bagian tubuh lainnya.

9. Pernapasan Lancar

Satu lagi yang mengindikasikan bahwa jantung Anda sehat dan normal, yakni sistem pernapasan yang normal dan lancar-lancar saja. Karena salah satu dari gejala awal penyakit jantung adalah terjadi sesak nafas. Ketika pernapasan sehat, maka hal ini juga menjadi salah satu pertanda bahwa jantung Anda baik.

Sesak nafas memang tidak hanya menjadi ciri penyakit jantung, tapi juga penyakit asma. Namun tidak boleh sembarangan diabaikan dan diremehkan. Apabila pernapasan terganggu dan muncul sesak nafas, silakan langsung memeriksakan diri supaya segala potensi buruk, khususnya penyakit jantung, dapat dicegah dengan sempurna.

Itulah ciri-ciri jantung sehat semoga dapat membantu Anda dalam mengecek apakah jantung sedang dalam kondisi baik atau tidak. Jika Anda merasakan kondisi jantung Anda tidak baik, segera periksakan ke dokter.

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 ๐Ÿ˜Š

Konsultasi & Informasi Pemesanan
๐Ÿ“ฑPin DC0B29BF
SMS/WA 0878-3876-1604




Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3