UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Rabu, 28 Maret 2018

Amandel Bermasalah Picu Gangguan Kesehatan


Pernahkah Anda mencari tahu apa fungsi amandel kita? Dua kelenjar kecil yang terdapat di belakang kerongkongan ini sebenarnya memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan. 

Menurut National Library of Medicine, AS, amandel merupakan bagian dari sistem limfatik tubuh yang bekerja untuk melawan infkesi. Karena letaknya di belakang tenggorokan, amandel adalah garda terdepan untuk melawan kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh melalui hidung atau mulut. 

Amandel didesain sedemikian rupa untuk menjebak dan mencegah kuman masuk terlalu jauh ke dalam tubuh, sekaligus sebagai alarm bagi sistem imun untuk memproduksi antibodi bila ada benda asing masuk. 

Masalahnya, hampir setiap saat tubuh kita terancam oleh serangan virus dan bakteri sehingga amandel harus bekerja keras. Kondisi itu bisa membuat amandel jadi gampang terinfeksi yang memicu pembengkakan dan iritasi. Dokter menyebutnya sebagai radang amandel atau tonsilitis. 

Biasanya kita langsung mengetahui ada sesuatu yang salah bila tenggorokan kita menjadi sakit dan nyeri. Biasanya hal ini terjadi saat kekebalan tubuh menurun atau kita kurang istirahat sehingga kuman mudah menyerang. 

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh masalah pada amandel. 

1. Bau mulut 

Mengunyah permen mint tak berhasil menghilangkan bau mulut Anda? Walau 90 persen penyebab bau mulut disebabkan oleh gangguan pada mulut, misalnya kebersihan mulut kurang terjaga atau produksi saliva berkurang, tetapi ada juga kasus yang disebabkan oleh batu pada amandel. 

Batu amandel terbentuk ketika serpihan-serpihan terjebak dan mulai mengeras. Amandel kita memiliki banyak sudut dan celah di mana bakteri, sel-sel mati, dan lendir, tersumbat. Advertisment "Material yang terjebak itu kemudian menjadi serpihan, dan bisa berakumulasi dalam formasi putih di kantung-kantung. Biasanya serpihan itu mengandung sulfur yang bisa membuat nafas jadi bau," kata Murray Grossan, pakar THT. 

Untuk mencegahnya, rutinlah menyikat gigi dan berkumur dengan antiseptik untuk mengurangi timbunan serpihan di amandel. 

2. Sakit saat menelan 

Batu amandel yang kecil-kecil biasanya tidak menyebabkan masalah, tetapi bentuk yang lebih besar bisa membuat proses menelan jadi menyakitkan. "Bila batu amandel itu agak besar dan keras, ia seperti benda asing dan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan," kata Grossan. 

Bila Anda merasa nyeri saat menelan, tetapi tidak mengalami alergi atau virus penyebab radang, kemungkinan rasa sakit itu disebabkan oleh batu amandel. Pada umumnya batu itu bisa dihilangkan dengan melakukan kumur-kumur dengan air garam. Berkumurlah agar ke dalam tenggorokan. 

3. Mendengkur 

Pembesaran amandel merupakan salah satu pemicu dengkuran saat tidur. "Bila amandel membesar, bisa menyebabkan gangguan jalan napas," katanya. 

Sebenarnya mengorok tidak berbahaya, kecuali jika diikuti dengan henti napas sejenak saat tidur (sleep apnea). Kondisi itu membuat tubuh kekurangan oksigen karena jalan napas tertutup. 

Mendengkur akibat pembesaran amandel biasanya terjadi pada anak-anak. Bila kondisinya memburuk, diperlukan operasi pengangkatan amandel.


Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda ??

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 ??
Konsultasi & Informasi Pemesanan
Pin DC0B29BF
SMS/WA 0878-3876-1604



Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3