UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Kamis, 29 Maret 2018

Kenali Penyakit Varises Lambung (Varises Esofagus)


Varises esofagus adalah pembesaran abnormal vena yang terletak pada esofagus. Esofagus merupakan pipa yang menghubungkan kerongkongan dan lambung.

Varises terjadi ketika katup vena melemah atau rusak dan dinding vena menjadi renggang. Sementara, varises esofagus akan muncul apabila aliran darah menuju hati terhalang oleh penggumpalan atau jaringan parut pada hati. Penyumbatan inilah yang memicu adanya aliran darah ke pembuluh darah yang berukuran kecil di sekitarnya.

Jika pembuluh darah kecil tersebut pecah dan mengakibatkan pendarahan, komplikasi ini sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal. Ukuran varises dan risiko pendarahan tersebut dipengaruhi oleh tekanan darah pada sistem portal hati.

Gejala-gejala Varises Esofagus

Secara umum, varises esofagus tidak menyebabkan gejala. Namun, ketika pembuluh darah tersebut bocor atau pecah dan terjadi pendarahan, pengidap varises esofagus akan mengalami:
  1. Sakit perut.
  2. Muntah darah dengan volume yang signifikan.
  3. Tinja berwarna hitam, seperti ter, dan disertai darah.
  4. Sakit saat menelan.
  5. Mengalami gejala-gejala gangguan hati, misalnya sakit kuning, mudah mengalami pendarahan atau lebam, serta penumpukan cairan dalam perut.
  6. Pucat.
  7. Hipotensi.
  8. Detak jantung yang cepat.
  9. Penurunan volume urine.
  10. Linglung dan bahkan kehilangan kesadaran.
Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut (khususnya indikasi penyakit hati), segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosis yang pasti serta penanganan secara seksama.

Sementara pendarahan pada varises esofagus termasuk kondisi medis darurat yang berpotensi mengancam jiwa. Karena itu, kondisi ini harus ditangani sesegera mungkin di rumah sakit.

Penyebab dan Faktor Risiko Varises Esofagus

Varises esofagus disebabkan oleh hipertensi portal, yaitu tekanan darah tinggi pada vena portal yang membawa darah ke hati. Tekanan tersebut akan menyebabkan darah mengalir ke pembuluh darah lain yang berukuran lebih kecil yang tidak mampu menampung darah dalam jumlah banyak. Ini dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah dan berbahaya bagi penderitanya. Terdapat sejumlah faktor dan kondisi kesehatan yang dapat memicu terjadinya hipertensi portal. Contohnya meliputi:
  • Komplikasi dari berbagai gangguan hati, seperti trombosis vena portal, sirosis, hepatitis akut, serta fibrosis hepatik bawaan. Sebagian besar varises esofagus terjadi pada pengidap penyakit hati kronis.
  • Kekurangan gizi.
  • Konsumsi minuman keras jangka panjang.
  • Peningkatan tekanan dalam perut.
  • Konsumsi obat anti inflamasi non steroid.
  • Infeksi bakteri.

Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda ??

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 ??
Konsultasi & Informasi Pemesanan
Pin DC0B29BF
SMS/WA 0878-3876-1604



Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3