UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Rabu, 14 Maret 2018

Penyebab Penyumbatan Pada Tuba Fallopi



Penyumbatan pada tuba fallopi atau biasa juga disebut dengan oviduk, merupakan salah satu penyebab seorang wanita susah hamil. Hal ini karena, tuba fallopi yang tersumbat, akan menyebabkan sel telur tidak dapat bergerak lebih jauh untuk bisa dijangkau oleh sperma. Hasilnya, pembuahan tidak bisa terjadi dan seorang wanita tentu tidak akan bisa hamil.

Oviduk atau yang biasa disebut Tuba fallopi adalah dua buah saluran yang sangat halus yang menghubungkan antara indung telur (ovarium) dengan rahim (uterus) dan panjangnya sekitar 7 – 14 cm dengan diameter 0,5 – 1,2 cm.

Tuba fallopi inilah yang berfungsi sebagai jembatan yang mempertemukan sel telur dan sperma untuk membentuk pembuahan.

Nah, dalam kasus di mana wanita tidak bisa hamil, tuba fallopi ini biasanya mengalami sumbatan, akibatnya sel telur tidak dapat meneruskan perjalannya menuju rahim untuk bertemu dengan sperma, dan akibatnya adalah, pembuahan dan kehamilan tentu tidak dapat terjadi.

Oleh karena itu, wanita yang mengalami sumbatan pada tuba fallopi nya, HARUS dilakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini, agar pembuahan bisa terjadi dan wanita bisa hamil.

Nah, mengingat pentingnya masalah yang bisa ditimbulkan oleh tersumbatnya tuba fallopi ini membuat wanita TIDAK BISA HAMIL,.


Penyebab Tuba Fallopi Tersumbat

Secara umum, penyebab tersumbatnya tuba fallopi yang paling banyak ditemui kasusnya adalah infeksi.

Sebenarnya, masih ada penyebab lain dari tersumbatnya tuba fallopi ini, namun tidak akan kita bahas di artikel ini, karena akan membuat pembahasan ini menjadi sangat panjang dan anda akan jenuh membacanya.

Tersumbatnya tuba fallopi karena infeksi ini, terjadi karena adanya pertumbuhan bakteri Chlamydia trachomatis dan Neisseria yang umunya berasal dari vagina yang menyebar secara perlahan menuju rahim dan akhirnya sampai pada tuba fallopi.

Masuknya bakteri ke dalam vagina ini, umunya disebabkan oleh hubungan seksual, tapi bisa juga masuk ke dalam tubuh setelah adanya prosedur kebidanan seperti: pemasangan IUD, persalinan, aborsi, keguguran dan biopsi endometrium.

Infeksi yang terjadi pada tuba fallopi ini, menyebabkan tuba fallopi menjadi bengkak dan meradang.

Akibat dari bengkak ini, biasanya tuba fallopi mengeluarkan cairan yang terkadang dipenuhi dengan nanah, di mana cairan ini dapat memenuhi saluran dari tuba fallopi dan terjadilah sumbatan pada tuba fallopi tersebut.

Selain tuba fallopi menjadi tersumbat karena dipenuhi oleh cairan tadi, dalam kasus yang jarang terjadi, tuba fallopi bisa pecah dan menimbulkan infeksi berlanjut yang berbahaya, yang dalam dunia medis disebut dengan peritonitis dalam rongga perut.

Penyebab lain dari infeksi ini yang menjadi penyebab tuba fallopi tersumbat adalah, karena adanya kontraksi penyakit menular intimual, sebut saja seperti gonore dan klamidia.

Infeksi akibat dari kontraksi penyakit menular intimual ini, dapat menyebar ke organ terdekat seperti ovarium dan rahim, di mana hal ini menyebabkan terjadinya pembentukan jaringan di saluran tuba fallopi, sehingga memblokir tuba sepenuhnya dan terjadilah sumbatan pada tuba fallopi.

Nah, seperti itulah kronologis bagaimana tuba fallopi bisa tersumbat dilihat dari kasus yang paling umum terjadi yaitu berupa infeksi pada saluran tuba.

Adapun gejala yang biasanya muncul jika terjadi infeksi pada tuba fallopi adalah:
  • adanya cairan yang tidak normal yang keluar dari vagina dan biasanya berbau
  • sering buang air kecil
  • demam dan sakit kepala parah
  • mengalami ketidaknyamanan yang bisa berupa rasa sakit saat hubungan seksual
  • adanya rasa nyeri saat haid atau menstruasi
  • kadang atau bahkan sering mengalami nyeri punggung bawah,
  • munculnya rasa nyeri saat ovuluasi terjadi, dan;
  • adanya nyeri pada perut, khususnya diperut bagian bawah.

Jika anda merasakan gejala seperti di atas, itu artinya kemungkinan besar anda mengalami infkesi pada tuba fallopi anda, dan anda perlu ke dokter untuk memastikan apakah anda memang mengalami infeksi pada tuba fallopi sebagai salah satu penyebab tuba fallopi tersumbat atau tidak. 

Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊
Konsultasi & Informasi Pemesanan
📱Pin DC0B29BF
SMS/WA 0878-3876-1604

Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3