UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Jumat, 22 Juni 2018

Langkah Pencegahan Meningitis



Meningitis merupakan radang pada membran pelindung yang menyelebungi otak dan sumsum tulang belakang. Radang tersebut dapat disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi otak dan sumsum tulang belakang.

Dilansir dari Everydayhealth, gejala umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia).

Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat mencegah penyakit meningitis ini. Berikut beberapa langkah untuk mencegah penyakit meningitis.

1. Vaksin
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi. Para ahli medis menyarankan, melakukan vaksinasi tersebut ketika berusia 11—12 tahun atau 16—21 tahun. Usia-usia ini adalah umur rawan terkena meningitis. 

2. Jangan menggunakan barang yang sama dengan orang lain
Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menular melalui napas, air liur serta ingus penderita. Oleh karena itu hindarilah kontak fisik dengan penderita di tempat umum. Tidak dianjurkan menggunakan benda-benda terutama peralatan makan yang sama dengan penderita. Lebih baik gunakan peralatan milik Anda sendiri dan pastikan membersihkannya dengan benar.

3. Jaga jarak dengan penderita meningitis
Menjaga jarak dengan penderita meningitis sangat diperlukan. Pasalnya, bakteri yang terdapat pada cairan hidung maupun mulut dapat menular ketika bersin atau batuk.

4. Rajin cuci tangan
Rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara pencegahan dari penyakit meningitis. Hal ini wajib dilakukan ketika Anda baru saja dari kamar mandi, memegang uang, berada di tempat yang ramai atau baru saja bersin dan batuk.

Disarankan untuk cuci tangan dengan menggunakan air hangat dan sabun. Pastikan seluruh bagian mulai depan hingga belakang serta sela-sela jari Anda terbasuh dengan sabun. Cuci tangan Anda hingga kurang lebih 20 detik kemudian bilas dengan bersih dan keringkan dengan handuk yang juga bersih. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.

5. Jaga kekebalan tubuh
Menjaga kekebalan tubuh sangat diperlukan sebagai bentuk pencegahan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan berprotein dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Anda juga disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit.

Semoga bermanfaat
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3