UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Jumat, 15 Februari 2019

Yuk Kenali Penyakit IBS


Irritable bowel syndrome (IBS) adalah penyakit pencernaan yang memengaruhi kerja usus besar. Makanan yang berpindah melalui saluran pencernaan bergerak dari usus kecil menuju usus besar. Fungsi utama usus besar adalah untuk menyerap air. Otot usus besar biasanya berkontraksi yang akan mendorong kotoran keluar.

Nah, pada IBS, kontraksi otot ini mungkin bekerja secara tidak normal. Terlalu banyak kontraksi bisa menyebabkan diare. Sementara kontraksi yang lebih lambat atau sedikit bisa menyebabkan sembelit. Kontraksi otot yang tidak teratur atau berselang mungkin menyebabkan rasa sakit atau merasa terdesak untuk pergi ke kamar kecil.

Irritable bowel syndrome adalah penyakit yang umum. Penyakit ini memengaruhi 10‐15 orang pada setiap 100 orang. Wanita diketahui berisiko terkena penyakit ini dua kali lipat daripada pria dan paling sering ditemukan pada orang yang berumur kurang dari 45 tahun. IBS biasanya mulai dari masa remaja tapi mungkin menunjukkan gejala pada usia yang lebih tua.

Tanda-tanda & gejala irritable bowel syndrome (IBS)

Gejala paling umum dari irritable bowel syndrome adalah sakit perut, kembung, sembelit/diare, atau keduanya. Gejala lain termasuk keadaan terdesak untuk buang air besar, atau buang air besar tidak tuntas. Selain itu, feses Anda juga tampak terlihat berlendir. Gejala ini datang dan pergi selama beberapa hari, minggu, atau bulan.

Tidak semua orang yang memiliki gejala gangguan pencernaan mengalami IBS. Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Penting untuk mengunjungi dokter jika jadwal buang air besar terus terganggu atau jika Anda memiliki tanda atau gejala IBS lainnya karena ini mungkin mengindikasikan kondisi yang lebih serius, misalnya kanker usus besar.

Dokter mungkin dapat membantu menemukan cara meredakan gejala sekaligus mengesampingkan kondisi usus besar, misalnya penyakit radang usus dan kanker usus besar. Dokter bisa juga membantu menghindari kemungkinan komplikasi dari masalah seperti diare kronis.

Penyebab irritable bowel syndrome (IBS)

Sampai saat ini penyebab IBS tidak diketahui tapi tampaknya terkait dengan sistem saraf. Orang dengan IBS memiliki usus besar yang bereaksi dengan sangat kuat terhadap sinyal dari otak. Beberapa hal yang mungkin dapat memicu penyakit irritable bowel syndrome adalah:
  1. Makanan tertentu (meskipun tidak ada makanan yang telah dihubungkan dengan IBS).
  2. Masalah stres dan psikologis, misalnya kecemasan dan depresi.
  3. Perubahan hormon seperti selama siklus menstruasi.
  4. Beberapa obat seperti antibiotik.
  5. Infeksi saluran pencernaan macam salmonella.
  6. Genetik. IBS mungkin lebih sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit dalam anggota keluarga.

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan 
SMS/WA 0856.4344.7420



Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3