UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Minggu, 10 Maret 2019

Berikut Ini Penyebab Mata Bengkak


Kelopak mata yang bengkak akan mempengaruhi penampilan. Lebih dari itu, jika bengkaknya cukup besar hingga menutupi mata, penglihatan juga bisa terganggu.

Penglihatan terganggu, aktivitas pun bisa terhambat. Kelopak mata bengkak tidak berbahaya namun terkadang masalah kecil juga bisa berubah menjadi cukup serius. Jika sudah pernah mengalami kelopak mata bengkak sebelumnya, melakukan pengobatan sendiri di rumah tidak masalah.

Kelopak mata bengkak biasanya terjadi akibat pembengkakan atau akumulasi cairan berlebih pada jaringan ikat yang mengelilingi mata. Ada beberapa penyebab mata bengkak, seperti infeksi mata, luka mata, atau trauma dan alergi.

Kadang-kadang, pembengkakan kelopak mata juga bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius atau mengancam jiwa, seperti selulitis orbital, penyakit Graves, dan herpes okular. Pembengkakan kelopak mata paling sering dikaitkan dengan iritasi mata, kelebihan produksi air mata, dan penglihatan yang terganggu.

Berikut penyebab lain dari kelopak mata bengkak, seperti dilansir Boldsky.

1. Stye 
Stye adalah infeksi kelenjar pada kelopak mata yang umumnya menginfeksi kelenjar air mata yang ada di dasar bulu mata. Stye juga bisa terjadi di dalam kelopak mata akibat kelenjar minyak yang terinfeksi.

2. Chalazion 
Chalazion terjadi saat kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat. Benjolan ini bisa tumbuh cukup besar. Kompres hangat bisa membantu meredakan chalazion.

3. Alergi 
Jika kelopak mata bengkak disertai dengan rasa gatal, merah, dan berair pada mata, maka bisa jadi ini alergi mata. Debu, serbuk sari, dan alergen lainnya bisa mengiritasi mata sehingga menyebabkan reaksi alergi.

4. Kelelahan 
Kelelahan bisa membuat kelopak mata menjadi bengkak. Retensi air yang terjadi selama semalam juga bisa mempengaruhi kelopak mata. Hal ini bisa membuat kelopak mata bengkak keesokan harinya.

5. Menangis 
Menangis bisa memecahkan pembuluh darah di mata dan kelopak mata, terutama jika tangisannya berlangsung berjam-jam. Hal ini terjadi karena adanya retensi cairan yang disebabkan oleh kenaikan aliran darah ke daerah sekitar mata.

6. Kosmetik 
Produk kosmetik masuk ke mata bisa menyebabkan iritasi pada mata dan jaringan sekitarnya, sehingga menyebabkan kelopak mata membengkak.

7. Orbital Cellulitis 
Ini adalah infeksi yang terjadi jauh di dalam jaringan kelopak mata. Infeksi ini bisa menyebar dengan cukup cepat dan juga bisa sangat menyakitkan. Bahkan luka kecil pun bisa mengundang bakteri untuk memicu kondisi ini.

8. Penyakit Graves 
Penyakit ini merupakan gangguan endokrin yang menyebabkan tiroid terlalu aktif. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tiroid melepaskan sel untuk melawan infeksi yang tidak ada di mata. Antibodi yang dilepaskan selama proses dapat menyebabkan pembengkakan di mata.

9. Herpes okular 
Ini adalah infeksi herpes yang bisa terjadi di dalam dan sekitar mata. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak. Herpes okular bisa tampak seperti sakit mata biasa tapi tidak selalu memperlihatkan tanda luka yang jelas.

10. Blepfaritis 
Bakteri yang ada di dalam dan sekitar kelopak mata dapat menyebabkan kondisi yang disebut blefaritis. Orang dengan kondisi ini kelopak matanya berminyak dan terdapat serpihan seperti ketombe di sekitar bulu mata.

11. Saluran air mata tersumbat 
Bila saluran air mata tersumbat, mata tidak akan bisa menguras air mata sepenuhnya dan ini bisa mengakibatkan rasa sakit dan kemerahan.

12. Sakit mata 
Sakit mata juga dikenal sebagai konjungtivitis dan merupakan peradangan konjungtiva mata, yakni jaringan tipis dan bening yang melapisi kelopak mata dan bola mata. Kompres hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh konjungtivitis.



Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊
Konsultasi & Informasi Pemesanan 
📱SMS/WA 0856.4344.7420




Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3