UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Minggu, 17 Maret 2019

Mencegah Kebutaan Akibat Komplikasi Diabetes


Kebutaan adalah salah satu komplikasi yang mungkin terjadi akibat diabetes. Pengidap diabetes berisiko lebih tinggi terkena kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki diabetes. Penyakit mata diabetes dapat merusak mata dan penglihatan yang bisa berujung pada kebutaan. Lantas, bagaimana cara mencegah kebutaan akibat diabetes?

Sebelum mengetahui cara mencegah kebutaan akibat diabetes, Anda perlu tahu mengapa diabetes bisa merusak mata. Penyakit mata diabetes terdiri dari retinopati diabetik, katarak, glaukoma, dan edema makula diabetik. Di antara keempat penyakit tersebut, retinopati diabetik menjadi kondisi paling umum yang bisa menyebabkan kebutaan.

Saat Anda memiliki diabetes, tandanya kadar gula darah Anda jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang sehat lainnya. Glukosa darah yang terlalu tinggi lama-lama bisa merusak fungsi retina. Retina merupakan lapisan di belakang mata yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi sinyal saraf lalu dikirim ke otak sehingga Anda bisa melihat.

Untuk dapat menjalankan fungsinya retina membutuhkan banyak pembuluh darah kecil di sekitar. Pada kondisi penderita diabetes, berarti kadar gula di dalam darah meningkat, jika berlangsung terus-menerus tanpa terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan terganggunya fungsi retina dan menyebabkan Anda tidak bisa melihat (kebutaan).

Dari awal Anda menderita diabetes hingga terjadi kebutaan tidak terjadi cepat. Biasanya pada tahapan awal retinopati diabetes, Anda tidak menyadari adanya gangguan penglihatan. Namun, lama-kelamaan Anda akan merasakan pandangan buram dengan penurunan penglihatan secara bertahap, terlihat bayangan benda yang kecil hingga besar melayang-layang saat Anda melihat (floaters), nyeri dan kemerahan pada mata hingga akhirnya Anda merasakan tidak dapat melihat (kebutaan).

Untuk mencegah komplikasi diabetes yang mengakibatkan kebutaan, Anda bisa melakukan berbagai cara seperti:

1. Rutin minum obat yang diresepkan

Pada prinsipnya untuk mencegah komplikasi diabetes, Anda perlu mengontrol kadar gula dalam darah Anda, salah satunya dengan rutin meminum obat diabetes. Tak hanya obat minum, jika dokter meresepkan berbagai perawatan lainnya seperti suntik insulin Anda juga perlu mematuhi anjuran yang diberikan.

Dokter memberikan pengobatan berdasarkan diagnosis yang dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, segala jenis pengobatan yang diberikan tentu sudah disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Mengonsumsi obat minum dan perawatan tambahan sesuai anjuran dokter menjadi cara efektif untuk mempertahankan kondisi kesehatan agar tidak semakin parah dan gula darah tetap stabil.

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat setelah terkena diabetes merupakan cara ampuh untuk menjaga kondisi kesehatan tetap stabil bahkan lebih baik. Menjaga pola makan, pola tidur, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur sebaiknya menjadi kebiasaan yang perlu Anda terapkan mulai sekarang.

Hal ini sama pentingnya selain mengonsumsi obat secara teratur, karena walaupun Anda termasuk yang rajin mengonsumsi obat tapi tidak menjaga pola makan, kadar gula darah Anda tidak mungkin terkontrol.

Tidak mengonsumsi berbagai makanan tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam bisa menjadi cara sehat dalam menjaga pola makan. Selain itu, Anda bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil dengan makan dalam porsi kecil tetapi sering. Anda juga bisa mengganti gula biasa dengan pemanis rendah kalori.

Menjaga berat badan tetap ideal tetap ideal dengan melakukan berbagai aktivitas fisik juga menjadi hal penting saat Anda mengidap diabetes. Anda bisa melakukan serangkaian olahraga ringan yang menyenangkan seperti jalan santai, tai chi, yoga, berenang, dan bersepeda. Selain itu, dikutip dari Diabetes.co.uk, olahraga juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada diabetesi.

Hal lain yang tak kalah penting perlu dilakukan ialah memperbaiki pola tidur. Pola tidur yang buruk seperti kurang tidur atau bahkan terlalu lama tidur bisa mengakibatkan nyeri saraf, kelelahan, dan lonjakan gula darah.

3. Melakukan pemeriksaan rutin

Jika Anda memiliki diabetes tandanya Anda perlu lebih rutin memeriksakan diri ke dokter. Jangan mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh seperti pandangan yang mulai kabur, nyeri otot berkepanjangan, dan keluhan kesehatan lainnya.

Orang yang terserang diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dibandingkan dengan orang tanpa diabetes. Oleh karena itu, diabetesi lebih mudah terserang berbagai penyakit lain yang bisa mengakibatkan komplikasi termasuk pada mata.

Untuk itu, sebaiknya Anda rutin memeriksakan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah setiap bulannya untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Pasalnya, kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan komplikasi penyakit jantung dan tekanan darah tinggi mengarah pada hipertensi. Kedua penyakit ini sangat rentan dialami oleh diabetesi sebagai komplikasi penyakit.

Tak hanya itu, karena orang dengan diabetes lebih rentan mengalami penyakit mata yang berujung pada kebutaan maka Anda perlu memeriksakan kesehatan mata secara rutin. Retinopati diabetik misalnya dapat diminimalkan dengan pengendalian kadar gula darah yang cukup ketat dan pemeriksaan mata rutin.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil bahkan mendekati normal dapat menurunkan risiko retinopati diabetik dan mencegah keparahan.

4. Berhenti merokok

Cara mencegah kebutaan yang terakhir ialah berhenti merokok. Merokok dapat membuat resistensi insulin yang menyebabkan kadar gula darah tidak bisa dikendalikan. Gula darah yang terlalu tinggi dapat menaikkan risiko komplikasi berbagai penyakit termasuk penyakit mata diabetes.

Selain itu, merokok dapat mempercepat perkembangan penyakit mata diabetes yaitu retinopati diabetik. Jika Anda memiliki diabetes dan tetap merokok seperti biasa maka Anda bisa kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu, demi kesehatan yang lebih baik sebaiknya Anda melakukan usaha secara perlahan untuk berhenti merokok. Ingat, meskipun berhenti merokok sulit, Anda akan jauh lebih mengalami kesulitan saat Anda mengalami kebutaan akibat melanjutkan kebiasaan buruk ini.

Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda ??

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3
Konsultasi & Informasi Pemesanan 
SMS/WA 0856.4344.7420



Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3