UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Jumat, 20 September 2019

Salah Kaprah Aturan Makan Bagi Penderita Diabetes


Karena tubuh memiliki ketidakmampuan untuk menghasilkan insulin (hormon pengontrol gula darah), diabetesi memerlukan penanganan khusus terutama dalam mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, begitu banyak informasi yang beredar tentang penyakit diabetes membuat diabetesi khawatir dan stres akut. Penting bagi Anda untuk tahu mana yang mitos atau fakta mengenai makanan untuk diabetes agar Anda tidak salah kaprah.

1. Diabetesi tidak boleh mengonsumsi makanan manis

Terlalu banyak makan makanan manis memang tidak baik bagi diabetesi, tetapi bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Gula adalah karbohidrat sederhana yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi. 

Wajarnya batas asupan yang boleh dikonsumsi seseorang dalam satu hari adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Berbeda dengan diabetesi, asupan gula yang dibutuhkan bergantung pada berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.

Perhatikan makanan manis yang Anda konsumsi agar tidak melebihi 1.500 kcal untuk membuat gula darah normal.

2. Makanan berlemak sangat berbahaya

Fakta selanjutnya yang sering salah kaprah tentang makanan untuk diabetes adalah daging merah. Meski disukai, daging merah mengandung lemak yang tinggi dan bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 19 persen.

Menurut Lu Qi, profesor di Harvard School of Public Health di Boston, diabetesi masih bisa makan daging merah selama tidak lebih dari 18 ons per minggu. Atau mudahnya, hanya 4-5 porsi daging merah per minggu.

Seandainya Anda ingin makan daging, pastikan Anda rutin mengontrol gula darah terlebih dahulu.

3. Tidak perlu insulin setelah menjalani gaya hidup sehat

Walau sudah mengatur pola makan dengan benar dan rutin berolahraga, bukan berarti diabetesi tidak membutuhkan suntikan insulin.

Insulin berperan penting untuk menyeimbangkan gula darah. Jika produksi insulin dalam tubuh terganggu, maka sel-sel tubuh dalam tubuh tidak mampu menyerap glukosa dalam darah dan menyebabkan diabetes. Maka dari itu, ketika gula darah melonjak naik suntik insulin diperlukan.

4. Diabetesi tidak boleh makan nasi

Banyak yang beranggapan diabetesi tidak dianjurkan mengonsumsi karbohidrat yang berada dalam nasi. Faktanya ama seperti daging merah, diabetesi masih bisa mengonsumsi nasi selama masih mengikuti batas kalori. 

Nasi maupun gandum mengandung kadar karbohidrat dan IG (indeks glikemik) yang sama. Dengan porsi terbatas, keduanya dapat dikonsumsi.

5. Ngemil tidak dianjurkan dokter

Selama ini, banyak orang berpendapat ngemil dapat memicu kenaikan kadar gula darah sehingga diabetesi sangat menghindari hal ini. Padahal jadwal ngemil tidak boleh terlewatkan agar tubuh tidak mudah lelah.

Pastikan Anda memilih snack yang sehat sekaligus memiliki IG yang rendah agar gula darah tidak naik secara drastis. Seperti snack yang tinggi protein dan serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui informasi yang benar mengenai makanan untuk diabetes. Jangan lupa tetap penuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara seimbang agar gula darah tetap stabil.

Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan 
📱SMS/WA 0856.4344.7420
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3