UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Rabu, 02 Oktober 2019

Rambut Balita Tipis dan Jarang ?


Setiap orangtua tentu menginginkan kondisi yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya rambut anak yang tumbuh lebat dan indah. Sayangnya, beberapa rambut bayi tipis dan jarang ketika mereka dilahirkan.

Dalam beberapa kasus, hal itu mungkin normal saja terjadi. Namun dalam beberapa kasus lainnya, hal itu bisa menunjukan suatu kondisi yang lebih serius.

Dilansir dari Everyday Health, kerontokan rambut pada anak menyumbangkan 3% alasan kunjungan anak-anak ke dokter. Artinya, kerontokan rambut pada anak merupakan sesuatu yang umum terjadi.

Sama seperti rambut orang dewasa, rambut anak-anak juga memiliki siklus hidup yang cukup sulit untuk diprediksi. Setiap helai rambut anak-anak tumbuh aktif selama dua hingga enam tahun.

Setelah itu, rambut melewati siklus istirahat yang disebut fase telogen. Sekitar tiga bulan dalam fase telogen, rambut rontok dan yang baru tumbuh di tempatnya.

Ada banyak alasan mengapa rambut anak rontok secara tidak normal dan berlebihan. Beberapa di antaranya dikarenan beberapa masalah :

a. Tinea kapitis

Tiniea kapitis adalah salah satu penyebab paling umum dari kerontokan rambut pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dermatofit pada kulit kepala dan batang rambut.

Seorang anak yang mengalami penyakit ini biasanya akan memiliki kulit kepala yang bersisik dan pitak. Ini adalah infeksi jamur menular dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun umumnya terjadi pada anak-anak usia sekolah.

Tinea capitis dapat memengaruhi rambut di kulit kepala, alis, dan bulu mata. Bila tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah, kebotakan, dan bekas luka permanen.

Selalu jaga kebersihan tangan, cuci rambut dan kepala bayi dengan rutin untuk menghindari penyakit ini.

b. Telogen effluvium

Telogen effluvium adalah suatu kondisi di mana siklus hidup rambut terganggu. Biasanya, sekitar 10 hingga 15 persen rambut di kepala anak Anda berada dalam fase telogen.

Namun dalam telogen effluvium, banyak rambut dilemparkan ke fase telogen. Setelah beberapa minggu atau bulan, kebotakan sebagian atau seluruhnya terjadi.

Efluvium telogen dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk demam ekstrem, stres akibat anestesi umum, overdosis vitamin A, cedera, efek samping obat (misalnya, accutane), atau stres emosional yang parah.

Tidak ada tes diagnostik untuk telogen effluvium, biasanya didiagnosis setelah pemeriksaan yang cermat dan riwayat medis. Kondisi ini cenderung dapat hilang dengan sendirinya dan rambut anak-anak biasanya tumbuh kembali sepenuhnya dalam waktu enam bulan hingga satu tahun.

c. Alopecia areata

Alopecia areata mempengaruhi sekitar 1 dari 1.000 anak pada waktu tertentu. Meskipun jarang terjadi tetapi kondisi ini patut Anda waspadai.

Penyebab alopecia areata adalah serangan sistem imunitas tubuh sendiri. Oleh karena penyakit ini termasuk ke dalam salah satu penyakit autoimun.

Gejala utama yang ditunjukan dari penyakit ini ialah kebotakan yang berpila bulat atau oval. Pola botak ini halus dan tidak meradang. Kerontokan rambut ini terjadi dalam hitungan beberapa hari,

Alopecia areata tidak dapat disembuhkan, tetapi dokter kulit dapat menggunakan obat-obatan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam beberapa kasus, alopecia areata akan berkembang sampai semua rambut di kepala anak rontok.

d. Trauma batang rambut

Stres fisik pada rambut yang dikenal sebagai trauma batang rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Trauma batang rambut dapat disebabkan oleh pencabutan rambut yang konsisten (misalnya, kuncir kuda atau kepang yang ketat), gesekan yang berlebihan (seperti bergesekan dengan bantal), atau dengan luka bakar kimiawi pada batang rambut.

Hal ini juga dapat terjadi pada anak-anak yang memiliki trikotilomania, suatu kondisi mental yang menyebabkan orang-orang secara obsesif mencabut rambut mereka.

Namun dalam beberapa kasus, trauma batang rambut bisa berlangsung cukup lama hingga menyebabkan jaringan parut dan rambut mungkin tidak tumbuh kembali.

Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan 

📱SMS/WA 0856.4344.7420


Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3