UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Selasa, 28 Juni 2016

Penyebab & Gejala Penyakit Asma



Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan manusia. Pada kondisi seseorang yang menderita asma, maka jalur pernafasannya menyempit dan bengkak serta mengeluarkan lendir yang jumlahnya sangat banyak. Kondisi demikianlah yang menjadikan orang yang menderita asma menjadi mengalami kesulitan untuk bernafas. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat mengakibatkan batuk – batuk, dan nafas terengah – tengah. Tentu saja, hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

Dalam kondisi tertentu, asma bisa dipicu oleh berbagai hal yang ada di sekitar kita. Dan hal tersebut bisa terjadi kapan saja. Asma bisa menyerang penderitanya yang sedang bekerja atau sedang melakukan hal lainnya. Selain itu, beberapa pakar medis menyatakan jika asma merupakan sebuah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun, salah satu solusi untuk membuat dampaknya tidak terlalu berat adalah dengan mengontrol gejalanya.

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab asma. Dengan mengetahui penyebabnya, semoga bisa menjadikan anda lebih waspada agar terhindar dari penyakit asma.

Penyebab Asma

Penyebab utama asma memang tidak diketahui. Tetapi, kemungkinan besar asma disebabkan oleh faktor genetik yaitu anggota keluarga lain yang memiliki riwayat penyakit asma. Faktor lingkungan yang kurang sehat juga diduga adalah faktor yang menyebabkan seseorang menderita asma. Walaupun demikian, beberapa pemicu asma dapat dijelaskan dan dapat menjadi kewaspadaan bagi anda atau siapa pun untuk menghindarinya agar asma tidak kambuh. Berikut beberapa pemicu asma:
  • Alergi
  • Bulu hewan
  • Serbuk sari dari bunga
  • Tungau
  • Debu
  • Serangga seperti tungau dan kecoa
  • Infeksi saluran pernafasan seperti pilek
  • Aktivitas fisik seperti olahraga
  • Udara dingin
  • Polusi udara, merokok adalah salah satu penyebabnya
  • Iritasi saluran pernafasan (penyebab ispa)
  • Obat – obatan tertentu seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen
  • Emosi yang tidak stabil
  • Stress
  • Makanan seperti udang
  • Bahan pengawet makanan
  • Penyakit seperti penyakit yang menyebabkan asam lambung meningkat dan hingga menghalangi tenggorokan.
  • Siklus menstruasi biasanya terjadi hanya pada beberapa wanita

Perlu diingat bahwa pemicu asma pada satu penderita asma dan penderita asma lainnya dapat berbeda – beda. Hal ini memang tidak diketahui pasti mengapa demikian. Namun beberapa faktor pemicu di atas dapat menjadikan anda lebih waspada dan menjauhi hal – hal di atas.

Gejala Asma

Ciri – ciri dan gejala asma sangat bervariasi dari satu penderita ke penderita asma lainnya. Gejala – gejala yang timbul dapat berupa gejala ringan, dan gejala berat juga dapat timbul pada penderita asma yang sudah pada tingkatan akut. Di bawah ini adalah ciri – ciri dan gejala asma:
  1. Sesak napas
  2. Sesak di dada yang disertai rasa sakit
  3. Sulit tidur yang disebabkan oleh sesak napas
  4. Suara seperti tercekik saat bernapas
  5. Batuk – batuk
  6. Flu bahkan dapat memperparah asma
Ada keadaan dimana asma yang sangat parah menimbulkan gejala yang parah juga. Jika timbul gejala – gejala berikut ini, anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter.
Segera ke dokter jika gejala – gejala yang sudah disebutkan di atas terjadi lebih sering dan lebih parah. Semakin sulit untuk bernafas membutuhkan inhaler lebih sering untuk meredakan sesak nafas

jika anda mengalami salah satu dari gejala dan ciri – ciri penyakit asma yang sudah disebutkan di atas, segera pergilah ke dokter dan berkonsultasi apakah anda perlu mendapatkan penangan khusus atau tidak.


Cara Mencegah Penyakit Asma

Jika anda adalah seorang penderita asma, yang harus anda lakukan adalah untuk menghindari hal – hal yang dapat memicu asma. Selain itu, pemicu asma juga bisa menyebabkan gejala asma seperti batuk – batuk hingga sesak napas menjadi lebih parah. Dengan menghindari pemicu asma selanjutnya anda juga bisa mencegah terjadinya serangan asma yang mendadak, karena memang pada dasarnya asma merupakan penyakit yang tidak ada obatnya. Namun, jangan khawatir, anda masih bisa bisa mengontrol gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma.

1. Cari tahu apa faktor yang dapat memicu penyakit asma yang anda derita

Agar anda lebih mudah untuk mencegah terjadinya serangan asma, anda terlebih dahulu harus mengetahui hal – hal apa saja yang dapat memicu terjadinya serangan asma. Selanjutnya yang anda perlu lakukan adalah untuk menghindari bersinggungan dengan pemicu asma tersebut. Berikut ini faktor – faktor pemicu asma yang salah satunya mungkin merupakan faktor pemicu asma yang anda derita:
Polusi udara
Alergi
Udara dingin
Virus flu
Wewangian
Asap rokok, bahaya asap rokok sangat mematikan untuk kesehatan dan menyebabkan asma akut.

Mengenali pemicu asma merupakan hal yang sangat penting, sehingga anda pun kemudian dapat menghindari hal – hal tersebut.


2. Ketahui apakah terdapat allergen pada lingkungan anda

Lingkungan tempat anda berada baik itu tempat kerja atau rumah sekalipun bisa memicu terjadinya asma apabila memang di lingkungan tersebut terdapat allergen. Jika anda alergi terhadap asap rokok, jika anda ingin makan di restoran, misalnya, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah restoran tersebut bebas dari asap rokok. Hal tersebut mungkin terdengar sepele, tetapi sangat vital untuk pencegahan asma.
Vaksinasi Flu sebagai pencegahan asma

Vaksinasi flu akan dapat mencegah anda terkena virus flu yang tentunya akan menghindarkan anda dari sakit flu yang dapat memicu dan memperparah asma. Selain itu, jika seseorang yang menderita asma mengalami flu, dampaknya bisa lebih parah lagi.

Penyakit pneumonia dapat menjadi efek yang sangat buruk dari kompilaksi terjadinya asma dan flu yang bersamaan. Vaksinasi flu dapat dilakukan setiap satu tahun sekali agar dapat berfungsi secara maksimal.

3. Mencegah kambuh nya asma dengan vaksinasi alergi

Melakukan vaksin alergi atau yang juga disebut dengan imunoterapi akan mencegah terjadinya alergi. Jika anda alergi terhadap sesuatu, alergi tersebut dapat memicu kambuh nya asma. Penyakit asma merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat yang kita lakukan.

Atasi keluhan Anda dengan Firmax3
Konsultasi & Informasi Pemesanan 

Pin : 5F5B0CB2 
SMS/WA : 088216771320 
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3