UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Senin, 31 Oktober 2016

Ini Penyebab Ambeien/ Wasir


Wasir atau ambeien terjadi karena adanya peningkatan pembuluh darah di sekitar anus. Penderitanya akan mengalami masalah saat buang air besar, juga terasa menyakitkan saat duduk atau tidur telentang. Lantas, apa saja penyebabnya?

Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah bengkak dan meradang di dalam anus dan rektum. Peradangan ini dapat terletak di dalam rektum (wasir internal), atau berkembang di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Wasir lebih mungkin terjadi saat usia bertambah, karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di rektum dan anus dapat melemah dan terjadi peregangan dengan penuaan. Pada usia 50-an tahun, sekitar setengah dari orang dewasa harus berurusan dengan gatal, ketidaknyamanan dan pendarahan saat buang air besar, yang dapat menandakan keberadaan wasir.

Namun selain faktor usia, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat membuat wasir terjadi pada orang-orang usia muda.

"Faktor penyebabnya lifestyle, kurang makan berserat, kurang minum, faktor pekerjaan, kurang cairan, kelamaan nongkrong di toilet, entah sambil baca buku atau koran," jelas dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, konsultan bedah digestif dan laparoskopi RSUP Persahabatan.

Menurut dr Errawan, terlalu lama duduk di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah hemorrhoid. Mengejan saat buang air besar, atau pekerjaan yang menuntut Anda banyak mengejan seperti angkat besi, juga bisa memicu terjadinya wasir.

Kehamilan juga salah satu biang keladi penyebab wasir. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dan penekanan rahim yang membesar, yang dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah hemorrhoid.

Secara detail, berikut beberapa penyebab wasir, seperti dilansir Mayoclinic:

1. Mengejan saat buang air besar
2. Duduk untuk jangka waktu yang lama di toilet
3. Diare kronis atau sembelit
4. Kegemukan
5. Kehamilan
6. Hubungan seks anal
7. Kurang makan serat


Atasi keluhan Anda dengan Firmax3
Konsultasi & Informasi Pemesanan 

SMS/WA : 0878 3876 1604
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3