UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Kamis, 24 Agustus 2017

Ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang Harus Anda Tahu



Ketika ginjal gagal dalam menjalankan fungsi normalnya dalam tubuh, maka akan muncul gejala dan ciri-ciri gagal ginjal yang mengharuskan seseorang untuk menjalani perawatan guna mempertahankan fungsi-fungsi normal dalam tubuh.

Terletak di perut bagian belakang kanan dan kiri, ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah, dan penyakit gagal

ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan penyaringan; menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.
Oleh karena itu, penyakit gagal ginjal adalah suatu kondisi kesehatan yang sangat serius, namun dapat dimulai dengan gejala yang ringan, samar-samar sehingga sering tidak terdeteksi, namun perlahan tapai pasti penyakit ginjal ini akan memberat dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Ginjal yang sehat adalah faktor penting yang menentukan umur panjang seseorang, sehingga mencermati setiap gejala dan tanda yang menunjukkan gagal ginjal adalah kunci utama untuk mencari pengobatan dini.

Apa Ciri-Ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang bisa Kita Amati?
Berikut adalah 10 gejala gagal ginjal yang berhasil kami himpun dengan harapan agar dapat memudahkan bagi pembaca untuk memahaminya.
1. Perubahan Buang air kecil
Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin; Oleh karena itu, ketika ia tidak bekerja secara normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin.
Sering Kencing. Gejala pertama dan terpenting adalah sering buang air kecil, terutama pada malam hari, mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal.Perubahan warna Urin. Hal lain yang dapat kita lihat adalah warna urin; yang biasanya berwarna kuning jernih menjadi keruh atau kuning keckolatan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari mungkin memiliki warna lebih terang dari urin, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning.Urin berbusa. Perubahan lain dalam buang air kecil yaitu urin berbusa, atau hampir tampak seolah-olah berbuih.Kencing Berdarah. Darah dalam urin juga merupakan tanda-tanda bahwa ginjal berada dalam kesulitan.
2. Bengkak pada Tungkai
Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya, sebagian besar individu melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari, atau wajah bengkak entah dari mana; dan kemudian mereka dapat mulai melihat pembengkakan meluas ke area lain dari tubuh.
Namun perlu dipahami, bahwa tungkai bengkak bisa menjadi tanda dan gejala dari berbagai penyakit lainnya, yang tidak berhubungan dengan gagal ginjal. Jika Anda melihat ini terjadi pada Anda atau keluarga Anda, maka sangat kami anjurkan untuk berkunjung ke dokter guna memastikan penyebabnya.
3. Kelelahan
Ginjal bekerja keras sepanjang hari, tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan sebagai akibatnya bisa terjadi anemia. Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tamak begitu lelah atau lemas.
Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya, mereka yang menderita gagal ginjal akhirnya merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup. Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan, di mana pasien begitu lelah, mereka tidak dapat pergi bekerja, atau bahkan melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau bahkan menyiapkan makanan.
4. Kulit gatal
Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada. gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman, dan dapat mengalihkan perhatian pasien dari kegiatan sehari-hari. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini, dan memeriksakan diri ke dokter merupakan suatu keharusan.
5. Mulut Rasa Logam
Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut. Oleh karena itu, makanan akan terasa berbeda, dan sering beberapa penderita penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengkonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut. Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.
Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya
6. Mual Muntah
Muntah merupakan suatu pengalaman yang tidak pernah menyenangkan, namun sayangnya gejala ini adalah ciri-ciri gagal ginjal yang hampir selalu ada. Ketika pasien mulai mengalami kulit gatal, maka biasanya akan diiringi dengan mual konstan, diikuti oleh muntah selama beberapa hari. Ditambah lagi rasa mulut yang tidak enak ketika makan makanan. Mereka yang menderita gagal ginjal sering bingung membedakan apakah mual dan muntah ini gejala penyakit biasa atau masalah serius sehingga banyak yang tidak mencari pengobatan untuk masalah ginjal untuk mencegahnya agar tidak menjadi parah.
7. Nafas Tidak Lega
Ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas, maka yang perlu kita tahu adalah ada sesuatu dalam tubuh tidak beres. Napas tak lega bisa dimaksudkan sebagai nafas pendek atau sesak nafas apabila ini terjadi ketika tidak sedang beraktifitas berat, maka ada kecurigaan bahwa itu gejala gagal ginjal. Hal ini bisa terjadi akibat perjalanan cairan ke paru-paru, dan tubuh yang kekurangan sel darah merah karena menurunnya fungsi ginjal.
8. Gangguan Memori
Ketika anda beranjak tua, Anda cenderung menjadi lebih pelupa; Namun, itu bukan jenis kehilangan memori yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi harus diperhatikan adanya ciri-ciri gagal ginjal yang lainnya.
9. Kedinginan dan Menggigil
Ketika suhu udara tidak dingin namun merasa kedinginan bahkan menggigil, maka kita patut curiga adanya masalah dalam tubuh. Dan harus diwaspadai karena ini merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah. Meningkatkan asupan zat besi, minum lebih banyak air, dan tentu saja menjalankan perawatan ginjal yang disarankan dokter, semua itu akan membantu mengatasi gejala ini.
10. Nyeri Pinggang
Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai adanya gangguan ginjal berat.
Memang rasa sakit di pinggang ini tidak selalu disebabkan oleh masalah ginjal (baca: Penyebab Sakit Pinggang). Oleh sebab itu perhatikan juga apakah pola kemih telah berubah drastis, atau adakah darah dalam urin, jika demikian maka kita patut curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter.
Ciri-ciri gagal ginjal di atas bukanlah daftar lengkap, oleh sebab itu kami menganjurkan Anda untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh, ketika ada sesuatu yang terasa tidak seperti biasanya, maka pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah itu gejala gagal ginjal atau bukan.
Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊
Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan
📱Pin 5EC530F8
SMS/WA 0878-3876-1604
Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3