UPDATE KONTAK ADMIN !!! SMS/WA : 0856.4344.7420 | MAAF TIDAK TERIMA TELP
INFO PENTING

Jumat, 08 Maret 2019

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Psoriasis


Psoriasis adalah kelainan kulit kronis dengan tingkat keparahan dari ringan hingga parah. Tingkat keparahan ini berdasarkan berapa banyak bagian tubuh yang mengalami psoriasis. Psoriasis ringan memengaruhi kurang dari tiga persen tubuh, sementara psoriasis sedang mempengaruhi antara tiga hingga sepuluh persen tubuh. Psoriasis parah adalah bila lebih dari sepuluh persen tubuh yang tertutup. Psoriasis memiliki beberapa jenis dari tingkat yang rendah hingga parah. Dengan mengetahui jenis psoriasis yang mungkin Anda miliki, dapat membantu membuat rencana perawatan yang tepat.

Psoriasis adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi kemerahan, lebih tebal, bersisik, dan terlihat seperti bercak putih-perak. Selain itu, juga dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit. Psoriasis termasuk salah satu jenis penyakit autoimun.

Kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis. Namun, sebenarnya kondisi ini bisa berkembang di mana saja.

Psoriasis tidak menular, tapi ini merupakan penyakit kronis dan tidak dapat disembuhkan. Namun, ada pengobatan dan beberapa perawatan yang dapat membantu mengendalikan dan mengurangi tingkat keparahan gejalanya.

Sementara gejala psoriasis berbeda pada setiap orang, bergantung pada tingkat keparahan dan jenis psoriasis yang dimilikinya.

Jenis psoriasis

Ada beberapa jenis psoriasis dan mungkin memiliki lebih dari satu jenis psoriasis. Kebanyakan orang hanya memiliki satu jenis pada satu waktu. Namun, terkadang setelah gejala Anda hilang, jenis psoriasis baru dapat muncul sebagai respon terhadap pemicu.

Berikut beberapa jenis mulai dari yang ringan hingga bisa menjadi parah.

1. Psoriasis plak

Psoriasis plak atau dikenal juga sebagai psoriasis vulgaris, adalah bentuk psoriasis yang paling umum. Tingkat keparahan psoriasis ini cenderung ringan hingga sedang. Kondisi ini ditandai dengan daerah penumpukan plak pada kulit.

Plak adalah area kulit yang menebal dan memiliki tampilan warna putih keperakan. Area plak dapat muncul di manapun di tubuh tapi paling umum di lutut dan siku.

Gejala psoriasis plak bisa berbeda untuk setiap orang. Namun, ada beberapa gejala umumnya antara lain:
  • Kulit kering dan merah ditutupi sisik keperakan pada daerah lesi
  • Plak yang gatal atau terasa panas seperti terbakar
  • Masalah yang mempengaruhi kuku

2. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis jenis ini tidak hanya muncul di kulit kepala, tapi bisa juga muncul di dahi, atau bagian belakang kepala dan menyebar ke leher atau belakang telinga.

Psoriasis kulit kepala biasanya memiliki gejala yang sama seperti psoriasis plak. Pada psoriasis kulit kepala, plak muncul di kulit kepala dan di bawah rambut. 

Seseorang dengan psoriasis kulit kepala dapat memiliki psoriasis pada bagian tubuh lainnya pada saat bersamaan.

Gejala lain dari psoriasis kulit kepala meliputi:
  • Kulit tebal berwarna merah di kulit kepala
  • Kulit kepala terkelupas
  • Gatal dan kulit kepala berdarah
  • kulit kepala kering
  • Rambut rontok sementara selama penyebaran

3. Psoriasis guttate

Psoriasis guttate ditandai dengan adanya titik-titik atau bintik-bintik merah yang menyebar ke seluruh kulit. Titik-titik dan bintik-bintiknya tidak setebal plak pada psoriasis plak.

Jenis psoriasis ini sering dimulai pada masa kanak-kanak atau dewasa muda dan muncul setelah infeksi.

Dalam beberapa kasus, psoriasis ini dapat menyebabkan gejala sedang sampai parah, seperti:
  • Bintik-bintik merah kecil di kulit
  • ruam yang bisa muncul di mana saja tapi kebanyakan di bagasi
  • Onset mendadak ruam setelah sakit atau infeksi

4. Psoriasis inverse

Psoriasis inverse tampak sebagai tanda merah yang paling sering ditemukan di lipatan kulit, seperti di ketiak dan pangkal paha, di bawah payudara, dan di belakang lutut. Orang dengan psoriasis inverse sering memiliki bentuk psoriasis lain di tempat lain di tubuh mereka.

Daerah yang terkena psoriasis invers jarang memiliki plak bersisik yang umum dengan bentuk psoriasis lainnya. Area tubuh yang paling sering terkena psoriasis invers cenderung cukup sensitif dan memiliki kulit lebih tipis dibanding daerah lainnya. Hal ini bisa membuat penanganan psoriasis jenis ini lebih sulit.


5. Psoriasis pustular

Jenis psoriasis ini ditandai dengan adanya lepuhan berwarnah putih yang mengandung nanah.

Lepuh yang disebabkan oleh psoriasis pustular dapat dibatasi pada satu area tubuh atau juga bisa di seluruh tubuh. Sebelum lepuhan muncul, kulit cenderung memerah. Begitu lepuh telah hilang, kulit bisa menjadi bersisik.

Jenis psoriasis pustular spesifik yang disebut pustulosis palmoplantar menyebabkan lepuh terbentuk di telapak tangan dan telapak kaki. Lepuhan dapat berbetuk pola dan seiring waktu, lepuhan ini akan menjadi kerak berwarna coklat.

6. Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik termasuk parah dan bisa mengancam nyawa. Jenis psoriasis ini menutupi hampir seluruh tubuh dengan ruam merah, mengelupas, sangat menyakitkan yang terlihat seolah-olah telah disebabkan oleh luka bakar.

Gejala psoriasis eritrodermik cenderung sangat serius. Mereka mungkin termasuk kombinasi gejala seperti:
  • Kulit merah yang meradang dan mengelupas
  • Kulit terlihat seperti luka bakar
  • Gatal parah, nyeri, dan panas seperti terbakar
  • Denyut jantung lebih cepat
  • Demam
  • Bengkak di kaki atau pergelangan kaki
Orang yang memiliki psoriasis eritrodermik rentan terhadap infeksi. Mereka mungkin juga mengalami masalah serius lainnya, termasuk gagal jantung dan pneumonia.


Saudara, keluarga, kerabat atau teman Anda mengalami penyakit serupa ? Yuukk silahkan ikhtiar dengan firmax3, insha allah bisa membantu menyembuhkan keluhan Anda 😊

Atasi segera keluhan Anda dg Firmax3 😊

Konsultasi & Informasi Pemesanan 
📱SMS/WA 0856.4344.7420



Copyright © 2015 ON FirMax | Sehat Sejahtera Bersama FirMax3